Cetak

Penanggungjawab Pelayanan Informasi

on .

 

 

 

PIHAK-PIHAK YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS PELAYANAN INFORMASI


Untuk Tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Pengadilan Tinggi Banjarmasin telah dibentuk berdasarkan SK Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor : W15.U/167/KPT/SK/I/2011
 

1)  Tugas, Tanggungjawab, dan Kewenangan Atasan PPID

  • Membangun dan mengembangkan sistem pengelolaan informasi dan dokumentasi di unit/satuan kerjanya secara baik dan efisien.
  • Mengangkat PPID.
  • Menganggarkan pembiayaan layanan informasi.
  • Menyediakan sarana dan prasarana layanan informasi, termasuk papan pengumuman dan meja informasi unit/satuan kerjanya serta situs resmi apabila memungkinkan.
  • Menetapkan standar biaya perolehan salinan informasi di unit/satuan kerjanya.
  • Menetapkan dan memutakhirkan secara berkala Daftar Informasi Publik di unit/satuan kerjanya.
  • Memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh Pemohon informasi yang mengajukan keberatan.
  • Membuat dan mengumumkan laporan tentang layanan informasi sesuai dengan Pedoman ini.
  • Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi di unit/satuan kerjanya.
  • Mewakili unit/satuan kerjanya di dalam proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi dan Pengadilan atau mewakili kepada kuasanya.
  • Menetapkan standar prosedur operasional layanan informasi di unit/satuan kerjanya, jika dibutuhkan.

2)   Tugas, Tanggungjawab, dan Kewenangan PPID

  • Mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh informasi yang berada di unit/satuan kerjanya.
  • Mengkoordinasikan pengumpulan seluruh informasi secara fisik dari setiap unit/satuan kerja yang meliputi:
    • Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
    • Informasi yang wajib tersedia setiap saat; dan
    • Informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.
  • Mengkoordinasikan pendataan informasi yang dikuasai setiap unit/satuan kerja di bawahnya dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan.
  • Mengkoordinasikan pengumuman informasi yang wajib diumumkan secara berkala melalui media yang efektif.
  • Mengkoordinasikan pemberian informasi yang dapat diakses oleh publik dengan Petugas Informasi.
  • Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan informasi publik tertentu dikecualikan.
  • Menyertakan alasan tertulis pengecualian informasi secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan informasi ditolak.
  • Mengkoordinasikan penghitaman atau pengaburan informasi yang dikecualikan beserta alasannya kepada Petugas Informasi.
  • Mengembangkan kapasitas pejabat fungsional dan/atau petugas informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan informasi.
  • Mengkoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur yang berlaku.
  • PPID bertanggung jawab kepada atasan PPID dalam melaksanakan tugas, tanggungjawab, dan wewenangnya. 

3)   Tugas dan Tanggungjawab Petugas Informasi

  •  Menerima dan memilah permohonan informasi.
  • Meneruskan pemohonan informasi tertentu ke Penanggungjawab Informasi.
  • Membantu dan menjalankan sebagian tugas PPID dalam memberikan layanan informasi sebagaimana diatur dalam Pedoman ini.
  • Petugas Informasi bertanggung jawab kepada PPID dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

4)   Tugas dan Tanggungjawab Penanggungjawab Informasi

  • Membantu Petugas Informasi dalam melayani permohonan informasi sebagaimana diatur dalam Pedoman ini.
  • Penanggungjawab Informasi bertanggungjawab kepada PPID.

 

 

 

Berita Video